Lompat ke konten
Home » Piala Dunia 1930, Yang Pertama Dalam Sejarah

Piala Dunia 1930, Yang Pertama Dalam Sejarah

  • oleh
Piala Dunia 1930

Piala Dunia 1930 adalah piala dunia pertama dalam sejarah. Turnamen ini diselenggarakan di masa dimana sepakbola masih belum dimainkan seluruhnya oleh para pemain profesional dan muncul sebagai kejuaraan pesaing sepakbola di olimpiade yang saat itu dianggap lebih prestisius.

Isu status pemain itulah yang mewarnai ide penyelenggaraan piala dunia pertama ini dan membuat tim-tim besar Eropa saat itu enggan tampil. Para pemain sepakbola yang mayoritas masih pemain semi pro tidak ingin kehilangan pekerjaan hanya karena berlayar mengarungi samudra Atlantik untuk turnamen tersebut. Penunjukan negara kecil di Amerika selatan tersebut bukan tanpa alasan. Uruguay pun akhirnya dipilih menjadi tuan rumah karena merupakan peraih medali emas cabang sepakbola di dua edisi olimpiade terakhir, 1928 dan 1924.

Serba-serbi Piala Dunia 1930

Setiap edisi piala dunia selalu tidak bisa lepas dari berbagai fakta menarik yang terjadi kala itu. Pasang taruhan anda untuk laga-laga piala dunia di link alternatif m88. Berikut ini adalah serba-serbi atau kisah menarik seputar edisi pertama dalam sejarah piala dunia ini.

  • Tidak ada babak kualifikasi untuk menentukan tim yang lolos. Mereka yang tampil diputaran final adalah undangan dari FIFA. Sejak ide piala dunia digulirkan pada bulan Februari 1930 dimana setiap anggota FIFA diundang untuk tampil, namun kuota 16 tim pun tidak terpenuhi. Pada akhirnya hanya 13 tim yang bersedia.
  • Tim-tim Eropa yang hadir dipilih atas campur tangan pejabat FIFA, federasi sepakbola setempat dan keluarga kerajaan. Skuad timnas Rumania bahkan dipilih oleh Raja Karol II dan membujuk perusahaan tempat para anggota skuad bekerja untuk memberi izin cuti tanpa berpengaruh pada status pekerjaan mereka.
  • Uruguay ikut memberi dukungan bantuan ekonomi kepada tim Eropa yang diberangkatkan yaitu Prancis, Belgia, Rumania dan Yugoslavia.
  • Format babak penyisihan grup, yang tidak popular saat itu, dipilih agar tim-tim yang harus berlayar jauh mendapat istirahat yang cukup sebelum bertanding.
  • Satu-satunya Piala Dunia yang digelar di satu kota saja, ibukota Montevidio.
  • Tuan rumah tidak mengawali turnamen dengan laga pertama. Bahkan ada dua laga yang dimainkan di hari pertama dan saat yang sama, Prancis vs Meksiko dan AS vs Belgia. Gol perdana di piala dunia lahir dari pemain Prancis, Lucien Laurent.

Persaingan Duo Tim Amerika Selatan

Piala Dunia 1930 tak bisa dilepaskan dari persaingan tensi tinggi antara dua tim Amerika Latin yang bertetangga, Uruguay dan Argentina. Tuan rumah adalah unggulan utama sebagai peraih dua medali emas Olimpiade, sedangkan Argentian adalah kampiun Copa America 1929. Persaingan mereka sudah terlihat sejak fase awal turnamen. Argentina ditempatkan di grup A dengan empat tim, sementara Uruguay dan tiga unggulan grup lainnya, AS dan Brasil berada di grup yang terisi tiga tim saja. Tampaknya, La Celeste berusaha menjegal tetangganya sejak awal. Namun pada akhirnya, Guillermo Stabile dan kolega tetap lolos sempurna menuju semifinal bersama tiga tim lainnya yang menjadi juara grup yaitu tuan rumah Uruguay, AS dan Yugoslavia yang tak diduga mampu menyingkirkan Brasil.

Di semifinal, Uruguay dan Argentina uniknya menang dengan skor yang sama persis telaknya, 6-1. Tuan rumah menggilas Yugoslavia sementara Argentina membantai AS. Akhirnya, final idaman pun terjadi dan Uruguay menjadi pemenangnya dengan unggul 4-2.

Top Skor: Guillermo Stabile (Argentina) – 8 gol

Pemain Terbaik: Jose Nasazzi (Uruguay)