Lompat ke konten
Home » Kualifikasi Piala Dunia U20 2023 Indonesia

Kualifikasi Piala Dunia U20 2023 Indonesia

Babak kualifikasi Piala Dunia U20 2023 jauh lebih sederhana dan ringkas ketimbang piala dunia level senior.

Babak kualifikasi even mayor identik dengan pertandingan kandang tandang dalam rentang waktu yang lama. Hal ini tidak bisa dihindari karena setiap anggota konfederasi ikut ambil bagian dalam fase pra piala dunia.Namun khusus untuk piala dunia U20, hal itu tidak berlaku. Ya, tidak ada babak kualifikasi yang panjang dan melelahkan.

Tim-tim yang lolos hanya berdasarkan hasil dari turnamen regional U20 di masing-masing wilayah. Kebijakan ini telah diberlakukan sejak awal piala dunia yunior edisi perdana digelar. Rentang waktu piala dunia level yunior yang diadakan tiap dua tahun sekali menjadi salah satu alasannya. Selain itu, jatah bagi masing-masing konfederasi tidak jauh berbeda yaitu antara dua hingga lima tim saja. Menggunakan hasil pencapaian tim-tim di kejuaraan regional tentu memudahkan penyelenggara dan FIFA sendiri mengingat mereka yang lolos ke putaran final kejuaraan tersebut juga telah melalui babak kualifikasi yang panjang.

Sejauh ini, baru zona UEFA, CONCACAF dan OCF yang telah menyelesaikan kejuaraan regional U20. Berikut ini adalah hasil-hasil dari kompetisi tersebut serta jadwal untuk tiga konfederasi lainnya:

Hasil Kualifikasi Piala Dunia U20 2023 Zona UEFA

Zona UEFA termasuk konfederasi yang paling awal menyelesaikan fase ini melalui Piala Eropa U19 di tahun 2022 lalu. Ajang tersebut telah digelar pada musim panas tahun lalu, tepatnya pada tanggal 18 Juni hingga 1 Juli di Slovakia.

Jatah tim Eropa di piala dunia U20 edisi kali ini masih sama dengan edisi sebelumnya, yaitu lima tim. Empat tim merupakan semifinalis di ajang tersebut yaitu sang juara Inggris, runner-up Israel plus Prancis dan Italy. Les Blues muda ditumbangkan Israel 1-2 di babak empat besar, begitu juga dengan Gli Azzurri muda yang disingkirkan The Young Lions dengan skor yang sama. Satu tiket lainnya berhasil direbut oleh Slovakia setelah mengalahkan Austria 1-0 di laga playoff untuk tiket terakhir. Kedua tim merupakan peringkat ketiga dari masing-masing grup di babak penyisihan.

Kualifikasi Piala Dunia U20 Zona CONMEBOL

Zona Amerika Selatan baru akan memulai Copa America U20 pada bulan ini. Turnamen tersebut akan dimulai pada tanggal 19 Januari hingga 12 Februari 2023 di Kolombia. Sepuluh tim anggota CONMEBOL dibagi dalam dua grup berisi lima tim di putaran pertama. Kemudian, tiga tim teratas dari masing-masing grup akan kembali digabung dalam satu grup berisi 6 tim. Semua tim akan saling bertemu dalam format setengah kompetisi. Empat tim teratas dalam klasemen akhir akan lolos ke Piala Dunia U20 2023. Berikut ini adalah hasil pembagian grup untuk fase awal.

Grup A: Kolombia, Argentina, Brasil, Peru, Paraguay

Grup B: Ekuador, Venezuela, Cili, Bolivia, Uruguay

Kualifikasi Zona CAF

Tak lama setelah zona CONMEBOL menyelesaikan turnamennya, giliran zona Afrika yang berkesempatan menggelar Piala Afrika U20. Kejuaraan ini akan diselenggarakan di Mesir pada tanggal 19 Februari hingga 11 Maret. Ada 12 tim yang akan memperebutkan empat tiket. Para semifinalis akan menjadi tim yang lolos ke putaran final nanti.

Dalam kompetisi ini, 12 tim telah dibagi dalam tiga grup berisi empat tim. Juara dan runner-up masing-masing grup plus dua tim terbaik di urutan tiga akan lolos ke perempatfinal. Para pemenang di babak inilah yang akan berlaga di Indonesia 2023 nanti. Berikut ini adalah hasil pembagian grup di babak penyisihan:

Grup A: Mesir, Mozambik, Nigeria, Senegal

Grup B: Uganda, Afrika Tengah, Kongo, Sudan Selatan

Grup C: Gambia, Tunisia, Benin, Zambia

Kualifikasi Zona CONCACAF

Zona Amerika Utara dan Tengah adalah wilayah berikutnya setelah benua biru yang telah menyelesaikan kejuaraan regional U20 nya. Turnamen digelar di Honduras pada tanggal 18 Juni hingga 3 Juli 2022. Para semifinalis adalah tim-tim yang lolos ke putaran final. Mereka adalah sang juara Amerika Serikat, runner-up Republik Dominika, Guatemala dan tuan rumah Honduras. Yang mengejutkan adalah gagalnya Meksiko lolos ke putaran final untuk pertama kalinya sejak edisi 2009 lalu, atau yang kelima sepanjang sejarah piala dunia U20. El Tri muda telah disingkirkan oleh Guatemala lewat drama adu penalti.

Kualifikasi Zona AFC

Zona Asia menjadi konfederasi terakhir yang akan menggelar fase ‘kualifikasi’ ini. AFC mendapat jatah empat tim tambahan selain tuan rumah Indonesia. Para semifinalis Piala Asia U20 lah yang bakal lolos ke putaran final. Yang menarik, tim Garuda muda juga lolos ke ajang ini. Jika mereka mampu lolos ke semifinal, maka satu tiket tersisa bakal diperebutkan via babak playoff tambahan.

Piala Asia junior ini akan diadakan di Uzbekistan pada tanggal 1 hingga 18 Maret 2023. Ada 15 tim selain Indonesia yang akan memperebutkan empat tiket tersisa. Mereka telah dibagi dalam empat grup. Dua tim peringkat teratas dari klasemen akhir fase grup akan lolos ke perempatfinal. Berikut ini adalah hasil pembagian grup di babak penyisihan ajang tersebut.

Grup A: Uzbekistan, Irak, Indonesia, Suriah

Grup B: Qatar, Australia, Iran, Vietnam

Grup C: Korsel, Yordania, Tajikistan, Oman

Grup D: Arab Saudi, Jepang, Tiongkok, Kirgystan

Jadwal Babak Kualifikasi Zona OFC

Zona Oseania juga telah menyelesaikan turnamen regional yuniornya tahun lalu. Piala Oseania U20 digelar di Tahiti pada tanggal 7 hingga 24 September 2022. OFC hanya memiliki dua jatah yang diberikan pada finalis di kejuraan tersebut. Mereka adalah Selandia Baru dan Fiji. Keduanya sukses mengalahkan lawan-lawannya di semifinal, tuan rumah Tahiti dan Kaledonia Baru.