Lompat ke konten
Home » Brasil vs Spanyol, Duel Pengusung Sepakbola Indah

Brasil vs Spanyol, Duel Pengusung Sepakbola Indah

  • oleh

Duel Brasil vs Spanyol merupakan laga antara dua tim yang berorientasi menyerang dengan permainan cantik. Tim Samba identik dengan sepakbola atraktif yang mengandalkan kualitas penguasaan bola para individu seniman bola. Sedangkan Spanyol menjadi kampiun berkat gaya tiki-taka yang mengandalkan penguasaan bola secara tim yang didominasi oleh bola-bola pendek. Keindahan gaya sepakbola mereka sering dipuji layaknya sebuah simfoni musik klasik atau orkestra.

Sayangnya, duel dua jawara ini lebih sering terjadi di masa lampau saat kedua tim justru tidak dalam performa terbaiknya di piala dunia. Generasi emas Selecao seperti Pele, Garrincha cs di dekade 1960an dan 1970an, hingga Romario ataupun Ronaldo dkk di era 1990an hingga awal 2000an nyaris tak pernah bersua dengan generasi emas La Furia Roja  seperti Xavi, Andres Iniesta, Iker Cassilas dan David Villa yang baru lahir di akhir 2000an. Tak heran jika pertemuan keduanya sangat dinanti di piala dunia Qatar 2022 nanati karena pasti akan menyajikan laga yang seru mengingat keduanya mengusung sepakbola indah yang ofensif.

Hal ini bisa dibuktikan di dua pertemuan terakhir antara Brasil dan Spanyol yang terjadi di luar piala dunia. Keduanya berhadapan di partai puncak, final Piala Konfederasi 2013 dan final cabang sepakbola di Olimpiade Tokyo 2020 yang lalu. Dua pertandingan tersebut berlangsung alot, terutama di final perebutan medali emas di Tokyo yang diselenggarakan tahun lalu itu sehingga laga harus diakhiri lewat perpanjangan waktu. Pada akhirnya, Brasil unggul di dua laga tersebut dengan skor 3-0 dan 2-1.

Brasil vs Spanyol di Piala Dunia

Sepanjang sejarah penyelenggaraan turnamen akbar empat tahunan ini, kedua tim berhadapan sebanyak lima kali namun lebih sering terjadi di babak penyisihan. Pasang taruhan anda untuk laga-laga seru Brasil dan Spanyol di link alternatif M88. Berikut ini adalah daftar lengkap rekor pertemuan keduanya di piala dunia:

Edisi Skor Babak
Italia 1934 Spanyol vs Brasil 3-1 Putaran pertama
Brasil 1950 Brasil vs Spanyol 6-1 Babak final four
Cile 1962 Brasil vs Spanyol 2-1 Babak penyisihan
Argentina 1978 Brasil vs Spanyol 1-0 Babak penyisihan
Meksiko 1986 Brasil vs Spanyol 1-0 Babak penyisihan

Brasil menang : 4 x

Spanyol menang : 1 x

Seri : 0 x

Duel Paling Ikonik

Diantara lima laga tersebut, pertemuan di babak final four pada Piala Dunia 1950 adalah yang paling layak dikenal oleh pemegang gelar juara lima kali tersebut. Saat itu tuan rumah tidak tanggung-tanggung menggasak tim Matador 6-1. Para bintang tim Samba seperti Ademir dan Zizinho ikut mencetak gol di laga tersebut dengan dua dan satu gol penutup. Tiga gol lainnya diciptakan oleh Jair dan brace dari Chico. Spanyol hanya bisa membalas lewat Igoa.

Sementara itu, satu-satunya duel yang dimenangkan oleh La Furia Roja adalah di pertemuan perdana mereka di piala dunia 1934. Di putaran pertama, keduanya harus bertemu. Saat itu, tim Matador masih diperkuat kiper legendaries Ricardo Zamora mampu memukul Brasil 3-1 di stadion Luigi Ferraris. Tiga gol kemenangan mereka diciptakan oleh Iraragorri lewat tendangan 12 pas dan dua goal dari Langara. Sedangkan Brasil hanya bisa membalas bintang muda yang bersinar empat tahun berselang di Prancis, Leonidas.