Lompat ke konten
Home » Brasil vs Inggris, Duel Keberuntungan Samba

Brasil vs Inggris, Duel Keberuntungan Samba

  • oleh

Duel Brasil vs Inggris merupakan duel klasik yang paling ditunggu oleh tim Samba. Hal ini bukan tanpa alasan mengingat rekor kemenangan dominan bagi Selecao di semua ajang.

Namun, ada satu hal unik yang mungkin cukup menarik disimak setiap kali laga ini terjadi di putaran final Piala Dunia. Hal itu tak lain bahwa setiap kali Brasil bersua dengan Inggris di ajang terakbar sepakbola ini, mereka selalu mengakhirinya dengan hasil maksimal, yaitu trofi tertinggi di tangan. Tak heran jika laga ini bisa menjadi penanda keberuntungan mereka.

Duel klasik Brasil vs Inggris terjadi di dua era yang berbeda. Di akhir era 1950an hingga 1970, ada Pele, Vava, Mario Zagalo, Garrincha plus Jairzinho di kubu tim Samba sedangkan tim Tiga Singa diwakili oleh nama-nama legendaris seperti Bobby Moore, Bobby Charlton, Geoff Hurst, Gordon Banks dan Martin Peeters. Sedangkan di era millenium, nama-nama tenar seperti Ronaldo Luiz, Rivaldo, Roberto Carlos dan Ronaldinho bertarung melawan David Beckham, David Seaman, Michael Owen serta Ashley Cole.

Brasil vs Inggris di Piala Dunia

Sepanjang sejarah penyelenggaraan turnamen akbar empat tahunan ini, duel antara juara dunia lima kali dan kampiun edisi 1966 ini telah terjadi sebanyak empat kali. Di Piala Dunia 2022 nanti, keduanya juga berpeluang bertemu kembali di partai puncak atau semifinal jika Inggris harus lolos dari babak penyisihan sebagai runner-up dan mampu menyingkirkan lawan-lawan mereka. Pasang taruhan anda untuk laga-laga Brasil dan Inggris di link alternatif m88. Berikut ini adalah daftar duel keduanya di piala dunia:

Edisi Skor Babak
Swedia 1958 Brasil vs Inggris 0-0 Fase grup
Cile 1962 Brasil vs Inggris 3-1 Perempat final
Meksiko 1970 Brasil vs Inggris 1-0 Fase grup
Jepang-Korsel 2002 Inggris vs Brasil 1-2 Perempat final

Brasil menang : 3 x

Inggris menang : 0 x

Seri : 1 x

Duel Paling Ikonik

Duel antara kedua tim ini bak perang bintang di lapangan hijau. Ada dua laga paling ikonik dari rekor pertemuan mereka di piala dunia, yaitu di dua duel terakhir dimana keduanya diperkuat para bintang bola populer saat itu.

Di laga kedua babak penyisihan grup C di piala dunia 1970 yang terik, The Three Lions yang berstatus sebagai juara bertahan menantang Pele cs yang merupakan kampiun di edisi 1962 plus favorit juara turnamen. Pertandingan tersebut bertajuk ‘Battle of the Giants’. Tim Samba tentu tampil dominan seperti yang diprediksi namun mereka tampaknya tidak mudah menjebol gawang lawan. Penampilan cemerlang kiper Gordon Banks lah yang menjadi salah satu penyebabnya. Bahkan kiper Inggris tersebut melakukan aksi penyelamatan terbaik saat sundulan Pele yang 99 persen gol mampu dihalau Banks. Tak heran jika aksi tersebut dianugrahi FIFA sebagai penyelamatan abad ini di tahun 2000. Meski begitu Inggris tetap takluk setelah Jairzinho sukses menjebol gawang mereka.

Sementara di edisi 2002, terjadi duel menegangkan saat Ronaldo Luiz dkk harus berhadapan Inggris yang diperkuat David Beckham dan Michael Owen di perempat final. Laga itu dianggap final yang kepagian. Trio Samba di lini depan yang jadi andalan pelatih Felipe Scolari benar-benar merajalela. Namun, Inggris yang diasuh Sven Goran Erikson juga unggul lebih dahulu lewat sontekan Michael Owen sebelum Rivaldo menyamakan kedudukan sebelum babak pertama usai.  Gol kemenangan Selecao akhirnya hadir lewat tendangan bebas lob Ronaldinho yang jeli memanfaatkan kesalahan posisi kiper David Seaman.