Lompat ke konten
Home » Prancis vs Inggris, Duel Mantan Musuh Lawas

Prancis vs Inggris, Duel Mantan Musuh Lawas

  • oleh

Duel Prancis vs Inggris sebenarnya telah dikenal jauh sebelum sepakbola modern muncul. Dua negara ini dahulu kerap terlibat dalam perang terbuka hingga pertikaian politik yang panjang dalam sejarah sejak era abad ke 11, Perang 100 Tahun hingga persaingan di masa kolonialisme. Keduanya baru berkerjasama saat Perang Dunia pecah. Kini kedua negara tak lagi berseteru kecuali di ajang olahraga. Bahkan banyak pemain-pemain asal negeri anggur yang berkarir di Liga Inggris. Sehingga atmosfer permusuhan tidak lagi terasa intens. 

Di lapangan hijau, keduanya kerap bersua, terutama di babak awal, baik di Piala Eropa maupun di Piala Dunia, selain di laga persahabatan yang kerap dilakukan oleh kedua negara.

Duel Prancis vs Inggris melibatkan para pemain bintang dari masa ke masa mulai dari Bobby Charlton dan Bobby Moore di dekade 1960an, Bryan Robson dan Peter Shilton di melawan Michel Platini dan Alain Giresse di dekade 1980an, David Beckham cs versus Zinedine Zidane dkk di 2000an serta melibatkan Wayne Rooney, Steven Gerrard, Karim Benzema dan Samir Nasri di era 2010an. 

Prancis vs Inggris di Piala Dunia 

Sepanjang sejarah penyelenggaran piala dunia, kedua tim hanya bertemu dua kali saja, uniknya keduanya dimenangkan tim Tiga Singa. Hal ini cukup kontradiktif dibandingan hasil pertemuan keduanya di Piala Eropa dimana tim Ayam Jantan lah yang lebih unggul. Di Qatar nanti, menurut jadwal piala dunia 2022, mereka pun berpeluang berhadapan di babak delapan besar jika tim besutan Didier Deschamps dan Gareth Southgate melaju mulus melewati rintangan usai lolos dari babak penyisihan sebagai juara grup. Pasang taruhan anda untuk laga-laga seru Prancis dan Inggris di link alternatif M88. Berikut ini adalah daftar lengkap rekor pertemuan keduanya di piala dunia:

Edisi Hasil Babak 
Inggris 1966 Prancis vs Inggris 0-2 Fase grup
Spanyol 1982 Inggris vs Prancis 3-1 Fase grup pertama

Inggris menang : 2 x

Prancis menang : 0 x

Seri : 0 x

Duel Paling Ikonik

Dua laga Prancis vs Inggris di piala dunia memang cukup ikonik bagi The Three Lions. Di edisi 1966, kedua tim pertama kali bersua di ajang terakbar sepakbola dunia ini. Di laga tersebut, tim Ayam Jantan turun dengan formasi 3-4-3 sedangkan tuan rumah tampil dengan formasi andalan 4-3-3, berhadapan di laga pamungkas fase grup. Pertandingan berlangsung ketat sebelum akhirnya penyerang Liverpool Roger Hunt membuka keunggulan di menit ke 39 sebelum ia mencetak gol keduanya di menit ke 79 ketika sundulannya gagal diantisipasi dengan baik oleh kiper Les Blues, Marcel Aubour. Anak asuhan Sir Alf Ramsey bablas menjadi juara sedangkan Prancis gagal lolos dari fase grup. 

Sedangkan pertemuan di edisi 1982, Inggris kembali unggul dengan skor meyakinkan 3-1 atas Michel Platini cs. Kedua tim turun dengan formasi identik 4-4-2. Kali ini bintang lapangannya adalah Bryan Robson, gelandang sekaligus keponakan pelatih kawakan ternama Bobby Robson. Pemain yang memperkuat Manchester United itu juga mencetak dua gol, masing-masing di menit pertama dan 67. Sedangkan, satu gol lainnya dicetak oleh Paul Mariner di menit ke 83. Sementara, Prancis hanya mampu membalas satu gol saja lewat Gerard Soler pada menit ke 24. Meski unggul di laga tersebut, kali ini justru tim besutan Martin Hidalgo lah yang mampu melaju jauh hingga menjadi semifinalis. Sementara, Peter Shilton dkk harus terhenti di fase grup kedua meski tak terkalahkan sepanjang turnamen.