Lompat ke konten
Home » Babak Semifinal Piala Dunia 2022 : Menuju Duel Messi vs Mbappe

Babak Semifinal Piala Dunia 2022 : Menuju Duel Messi vs Mbappe

  • oleh

Babak semifinal piala dunia 2022 akhirnya telah dituntaskan dengan menghasilkan duel Messi vs Mbappe di laga puncak.

Dua laga semifinal yang berlangsung di tengah pekan ini tidak lagi memunculkan laga-laga sengit dan ketat seperti di babak delapan besar. Duo tim elit, Argentina dan Prancis nyaris tidak menemui kesulitan berarti melangkah menuju puncak. Hal ini berbanding terbalik bagi dua tim kejutan, Kroasia dan Maroko yang seakan kehilangan akal dan demam panggung di empat besar. Berikut ulasan dua *9  semifinal pekan ini:

Messi Masih Mendominasi

Laga semifinal pertama masih milik sang Messiah Lionel Messi. La Pulga memimpin Argentina menghancurkan Kroasia 3-0. Tim asal Balkan tersebut dibiarkan menguasai bola justru dibuat tak berdaya dengan taktik serangan balik cepat tim Tango yang mengacaukan fokus Vatreni. Messi pun membuka keunggulan lewat titik penalti setelah pelanggaran kiper Dominik Livakovic terhadap Julian Alvarez. Penjaga gawang Dinamo Zagreb yang tampil apik di laga sebelumnya mendadak berubah bak anak ingusan dihadapan sang bintang. Belum pulih dari serangan kilat Albiceleste yang mengagetkan, Kroasia kembali dihantam oleh tusukan cepat Julian Alvarez yang membawa bola sendirian ke kotak penalti lawan sebelum membobol gawang Livakovic. Kroasia yang tetap turun dengan 4-3-3 pun mulai panik namun tetap kesulitan membuat peluang emas. Argentina yang turun dengan formasi 4-4-2 pun menambah keunggulan saat penetrasi Messi ke sisi kiri pertahanan Kroasia mengecoh Josko Gvardiol dkk hingga menyisakan ruang bagi Julian Alvarez untuk mencetak gol keduanya memanfaatkan umpan sodoran Messi. Hasil ini membuat tim besutan Lionel Scaloni melaju ke final keduanya dalam satu dekade setelah edisi 2014 yang lalu. Pasang taruhan untuk laga final piala dunia 2022 di link alternatif m88.

Argentina vs Kroasia 3-0

Gol: Leo Messi (p 34), Julian Alvarez (39, 69)

Argentina: Emi Martinez; Nicolas Otamendi, Cristian Romero, Nahuel Molina (Juan Foyth 86), Nicolas Tagliafico; Enzo Fernandez, Leandro Paredes (Lisandro Martinez 62), Rodrigo De Paul (Exequiel Palacios 74), Alexis Mac Allister (Angel Correa 86) ; Julian Alvarez (Paulo Dybala 72), Leo Messi

Kroasia: Dominik Livakovic; Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Borna Sosa (Mislav Orsic 46), Juranovic; Luka Modric (Lovro Majer 72), Mario Pasalic (Nikola Vlasic 46), Mateo Kovacic, Marcelo Brozovic (Bruno Petkovic 50), Ivan Perisic ; Andrej Kramaric (Marko Livaja 72)

Tembakan ke gawang Tembakan melenceng Tembakan diblok Penyelamatan kiper
Argentina 7 1 1 3
Kroasia 2 7 3 4

Mbappe cs Hancurkan Benteng Maroko

Di laga selanjutnya, juara bertahan Prancis akhirnya menghentikan kejutan Maroko dengan menghantam wakil Arab Afrika tersebut dengan skor 2-0. Benteng Yassine Bounou dkk bahkan sudah jebol di menit keempat setelah kemelut didepan kotak penalti mereka menyusul tusukan Antoine Griezmann membuat barisan pertahanan Singa Atlas panik sebelum akhirnya bek sayap kiri AC Milan, Theo Hernandez merubah skor. Anak asuhan Waleed Regragui pun dipaksa keluar menyerang untuk mengejar ketertinggalan. Sayangnya, tidak banyak peluang tercipta di garis pertahanan Les Blues. Di babak kedua, tim Ayam Jantan akhirnya menambah keunggulan lewat gol pemain pengganti, Randall Kolo Mouani. Kylian Mbappe dan kolega pun melaju ke final di dua edisi piala dunia berturut-turut.

Prancis vs Maroko 2-0

Gol: Theo Hernandez (4), Randal Kolo Mouani (79)

Prancis: Hugo Lloris; Raphael Varane, Ibrahima Konate, Theo Hernandez, Jules Kounde; Wesley Fofana, Aurelien Tchoameni ; Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Ousmane Dembele (Randall Kolo Muani 79), Olivier Giroud (Marcus Thuram 65)

Maroko: Yassine Bounou; Romain Saiss (Selim Amallah 21 (Ez Abde 78), Dari, Yamiq, Achraf Hakimi, Noussair Mazraoui (Yahya Attiat-Allah 46); Sofyan Amrabat, Ounahi, Hakim Zieych, Sofian Boufal (Zakaria Adboukhal 67) , Youssef En-Neysiri (Abderrazek Hamdallah 66)

Tembakan ke gawang Tembakan melenceng Tembakan diblok Penyelamatan kiper
Prancis                              3 6 5 2
Maroko 3 5 5 0

Dengan dua hasil diatas, praktis Argentina akan bersua Prancis di final yang akan diselenggarakan pada tanggal 18 Desember pada pukul 22.00. Laga antara pemegang gelar juara dua kali ini merupakan yang keempat kalinya di putaran final piala dunia. Messi dan Mbappe sama-sama mengincar gelar ketiga bagi timnya.