Lompat ke konten
Home » Helmut Schon, Pemegang Rekor Kemenangan Tertinggi

Helmut Schon, Pemegang Rekor Kemenangan Tertinggi

  • oleh
Helmut Schon

Pelatih legendaris, Helmut Schon, adalah arsitek timnas Jerman yang dikenal dengan rekor kemenangan tertinggi sepanjang sejarah Piala Dunia.

Bicara mengenai rekor piala dunia, sosok Helmut Schon tak bisa lepas dari yang satu ini. Ia adalah pelatih yang memegang rekor kemenangan terbanyak dalam sejarah penyelenggaraan turnamen akbar empat tahunan ini. Bersama timnas Jerman yang ditanganinya sejak di Piala Dunia 1966, Schon telah meraih 16 kemenangan bagi Die Mannschaft, julukan tim Jerman (Barat). Selain itu, manajer tim kelahiran Dresden ini juga merupakan pemegang rekor pelatih dengan jumlah pertandingan terbanyak  saat menangani timnas di Piala Dunia. Total ada 25 pertandingan yang telah ia lalui sejak edisi 1966 hingga 1978.

Prestasi di Piala Dunia

Dengan rekor kemenangan tertinggi tersebut, tak heran jika Jerman menjelma menjadi tim yang sulit dikalahkan di dekade akhir 1960an hingga 1970an. Schon yang sebelumnya menjadi asisten pelatih Sepp Herberger di Piala Dunia 1958 dan 1962, mengawali debutnya di turnamen sepakbola terbesar sejagat itu dengan menghantam Swiss 5-0 di laga perdana Piala Dunia Inggris 1966. Dalam pertandingan tersebut, Franz Beckenbauer dan Helmut Haller mencetak brace (dua gol dalam satu pertandingan) plus satu gol dari striker Borussia Dortmund, Siegfried Held.

Sepanjang masa jabatannya sebagai pelatih kepada, ia berhasil membawa Der Panzer ke final edisi 1966, meraih tempat ketiga di Meksiko 1970 dan akhirnya meraih gelar juara piala dunia keduanya di tahun 1974 saat menjadi Jerman (Barat) bertindak sebagai tuan rumah. Sayangnya turnamen terakhirnya di Argentina 1978 berakhir dengan anti klimaks. Pertandingan terakhir yang dipimpinnya di babak penyisihan grup putaran kedua melawan Austria berakhir dengan kekalahan 2-3. Hasil tersebut pun menggagalkan peluang Bertie Vogts dan kolega meraih tempat ketiga plus merupakan kekalahan pertama tim Jerman dari negeri tetangganya tersebut di turnamen mayor. Eks arsitek terakhir timnas Saarland, sebuah wilayah di perbatasan Jerman dan Prancis, yang sempat berlaga di kualifikasi Piala Dunia 1954 zona Eropa sebelum kemudian bergabung dengan Jerman ini, pun mundur seusai turnamen. Meski begitu namanya tetap harum bagi Die Mannschaft. Pasang taruhan anda untuk laga-laga di timnas Jerman di link alternatif M88. Berikut rincian hasil pertandingan yang ditanganinya selama piala dunia:

Menang Seri Kalah gol memasukkan

– kemasukan

Inggris 1966  4 1 1 15-6
Meksiko 1970  5 0 1 17-10
Jerman 1974  6 0 1 13-4
Argentina 1978  1 4 1 10-5

 

Prestasi Lainnya

Di luar piala dunia, Schon juga berjasa membawa Jerman menjadi kampiun Piala Eropa 1972 dan menjadi runner-up di edisi 1976. Berkat pencapaiannya yang fenomenal tersebut, pelatih yang pernah membela FC St. Pauli dan Hertha Berlin sebagai penyerang semasa menjadi pemain ini mendapat penghargaan FIFA Order of Merit di tahun 1984. Seusai mundur sebagai arsitek tim Panzer, sosok yang pernah membelot ke Jerman Barat di tahun 1950 pada masa Perang Dingin meski terlahir sebagai warga Jerman Timur tersebut tidak pernah lagi menangani tim lain, baik timnas maupun klub. Satu-satunya klub yang pernah ditangani sepanjang karirnya adalah FC Saarbucken di musim kompetisi 1953/54, atau sebelum era terbentuknya Bundesliga.