Lompat ke konten
Home » ‘Hayya Hayya’ (Better Together), Lagu Resmi Piala Dunia 2022 Telah Hadir

‘Hayya Hayya’ (Better Together), Lagu Resmi Piala Dunia 2022 Telah Hadir

  • oleh

Selain bola resmi, lagu resmi Piala Dunia 2022 pun juga telah dirilis, berjudul ‘Hayya Hayya’ (Better Together). Lagu ini resmi diperkenalkan oleh FIFA di acara undian piala dunia yang lalu pada tanggal 1 April.

‘Hayya Hayya’ (Better Together) dinyanyikan oleh kolaborasi tiga artis, yaitu penyanyi paling terkenal di Qatar, Aisha, artis dan produser musik asal Nigeria, David Adeleke atau lebih dikenal dengan nama panggung Davido dan penyanyi asal Amerika Serikat, Trinidad Cardona. Lagu ini bergenre R& B dan Soul.

Sesuai dengan judulnya, lagu ini menyampaikan sebuah pesan tentang perayaan akan kebersamaan yang diusung oleh sepakbola dan turnamen piala dunia ini sendiri. Sepakbola adalah olahraga terpopuler di dunia dan mampu menyatukan negara dan bangsa dari berbagai latar belakang dan Piala Dunia 2022 adalah salah satu perwujudan simbol kebersamaan dalam kemajemukan bangsa.

Dua Jenis Lagu Resmi Piala Dunia

Lagu resmi piala dunia adalah bentuk usaha FIFA untuk mempopulerkan ajang piala dunia ke ranah global, terutama ke kalangan yang tidak terlalu tertarik dengan sepakbola. Mereka bekerja sama dengan berbagai artis internasional dari berbagai negara untuk proyek tersebut dan sejauh ini langkah tersebut tampaknya cukup berhasil.

Lagu resmi piala dunia sejatinya bukan hanya satu, terutama sejak album lagu piala dunia FIFA pertama kali diperkenalkan di AS 1994. Ada dua jenis lagu resmi yang umumnya dirilis oleh FIFA, yaitu anthem dan song. Namun tren itu baru muncul sejak edisi Prancis 1998.

Lagu resmi jenis anthem umumnya ditampilkan saat pembukaan piala dunia lebih awal dari jenis song. Lagu jenis anthem ini pun tidak terlalu populer di kalangan bukan fans sepakbola. Sementara untuk lagu jenis song biasanya dinyanyikan oleh artis internasional yang lebih populer secara global sehingga cenderung lebih dikenal oleh khalayak umum.

Lagu Resmi Piala Dunia Terbaik Dalam Sejarah

Dalam sejarah piala dunia, lagu piala dunia pertama tercatat diperkenalkan di edisi Chile 1962 berjudul ‘El Rock del Mundial’ yang berbahasa Spanyol dan dinyanyikan oleh artis lokal Los Ramblers. Tradisi pembuatan lagu piala dunia berlanjut hingga saat ini. FIFA baru merilisnya dalam sebuah album khusus sejak piala dunia edisi 1994 di AS. Saat itu, baru satu jenis lagu resmi saja yang dirilis dengan judul ‘Gloryland’ yang dibawakan oleh Daryl Hall dan Sound of Blackness. Lagu tersebut dianggap menjadi salah satu lagu resmi piala dunia terbaik yang pernah ada.

Empat tahun berselang, FIFA membuat langkah baru dengan merilis dua lagu resmi, versi anthem yang dibawakan oleh Youssou N’Dour dan Axelle Red dan versi song yang dinyanyikan oleh Ricky Martin. Tak disangka lagu versi kedua yang berjudul ‘La Copa de La Vida (The Cup of Life)’ sukses besar setelah mengusung genre yang berbeda irama khas musik Latino yang rancak dan penuh energi. Lagu tersebut bahkan menjadi salah satu yang terlaris di blantika musik pop dunia di sepanjang tahun 1998 hingga awal 1999.

Sejak itulah FIFA selalu berusaha menciptakan lagu resmi yang mampu menandingi single Ricky Martin tersebut, atau setidaknya menyamainya. Namun dari sekian lagu resmi yang dirilis, praktis hanya ‘Waka Waka’ milik Shakira (2010) yang bisa menjadi hits, bahkan hingga beberapa waktu setelah turnamen usai. Sementara lagu-lagu resmi lainnya tak begitu terdengar gaungnya.