Lompat ke konten
Home » Jerman vs Italia, Duel Momok bagi Die Mannschaft

Jerman vs Italia, Duel Momok bagi Die Mannschaft

  • oleh

Duel  Jerman vs Italia merupakan salah satu duel klasik piala dunia yang paling ditunggu. Meski begitu, laga ini termasuk yang paling dihindari oleh tim Panser mengingat catatan negatif mereka di setiap pertemuan keduanya di ajang terakbar empat tahunan ini. 

Die Mannschaft dan Gli Azzurri sama-sama telah merengkuh empat gelar piala dunia. Mereka bahkan merupakan kampiun dalam dua puluh tahun terakhir. Jerman menjadi juara di edisi 1954, 1974, 1990 dan 2014 sedangkan Italia lebih dahulu memenangkannya di edisi 1934, 1938, 1982 dan 2006. Uniknya, mereka melewati hadangan tim Panser saat menjadi juara di dua edisi terakhir. Fakta menarik lainnya, baik Jerman dan Italia sama-sama pernah saling dipermalukan rivalnya justru ketika menjadi tuan rumah. Italia harus angkat topi kepada Lothar Matthaus dkk di edisi 1990 sedangkan Jerman malah dibuat mati kutu oleh Fabio Cannavaro cs di semifinal edisi 2006. 

Duel keduanya selalu melibatkan pemain-pemain ternama di eranya seperti Uwe Seeler dan Omar Sivori di dekade 1960an, Franz Beckenbauer, Gerd Muller, Gianni Rivera dan Giancinto Facchetti di dekade 1970an, Karl Heinz-Rummeniege, Harold Schumacher melawan Paolo Rossi dan Dino Zoff di 1980an serta Phillip Lahm, Miroslav Klose, dan Bastian Schweinsteiger yang berhadapan dengan Gianluigi Buffon, Fabio Cannavaro dan Francesco Totti di dekade 2000an.

Jerman vs Italia  di Piala Dunia

Dalam sejarah piala dunia, Jerman dan Italia telah bertemu 5 kali sebelumnya tanpa sekalipun berhasil dimenangkan tim Panser. Pasang taruhan anda untuk laga-laga Thomas Muller cs di piala dunia di link alternatif m88. Berikut ini adalah daftar lengkap pertemuan kedua tim ini di piala dunia. 

 

Edisi Skor Babak
Cile 1962 Italia vs Jerman (Barat) 0-0 Babak penyisihan grup
Meksiko 1970 Jerman (Barat) vs Italia 3-4 Semifinal
Argentina 1978 Jerman (Barat) vs Italia 0-0 Fase grup kedua
Spanyol 1982 Italia vs Jerman (Barat) 3-1 Final
Jerman 2006 Jerman vs Italia 0-2 Semifinal

 

Jerman menang     : 0 x

Italia menang         : 3 x

Hasil seri        : 2 x 

Duel Paling Ikonik  

Laga Jerman vs Italia hampir selalu ikonik, terutama di fase-fase krusial. Salah satunya pasti di semifinal edisi 1970 yang dinobatkan oleh FIFA sebagai laga piala dunia terbaik abad ini di tahun 2000 yang lalu. Kedua tim turun dengan formasi identik 4-2-4. Gli Azzurri unggul lebih dahulu lewat gol Roberto Bonignsegna, namun kedudukan berakhir imbang menjelang peluit panjang berbunyi saat Karl-Heinz Schnellinger mencetak gol balasan. Di babak perpanjangan waktu, kedua tim kian intens menyerang dan hasilnya lima gol tercipta yang terjadi silih berganti. Gerd Muller membobol gawang Albertosi dua kali namun dibalas tiga kali lewat Tarcissio Burgnich, Gigi Riva dan Gianni Rivera. 

Laga ikonik lainnya tak lain adalah partai puncak piala dunia 1982. Berbeda dengan saat keduanya bersua 12 tahun lalu, Jerman sedikit lebih mendominasi serangan meskipun tetap kesulitan membongkar pertahanan grendel Italia ala catenaccio. Meskipun keduanya turun dengan formasi yang sama 5-3-2, tim Panser tampil lebih agresif. Sayangnya, mereka justru kecolongan lewat skema serangan balik, senjata andalan tim asuhan Enzo Bearzot saat itu. Paolo Rossi membuka kran gol Gli Azurri dilanjutkan oleh gol Marco Tardelli delapan menit kemudian sebelum Alessandro Altobelli memastikan keunggulan mutlak mereka di final. Jerman hanya bisa membalas lewat punggawa senior yang juga mencetak gol di final 1974, Paul Breitner. Italia pun akhirnya mengangkat trofi piala dunia untuk ketiga kalinya setelah terakhir kali melakukannya di tahun 1938 silam.